Select Language

Monday, November 14, 2011

Pertolongan Pertama - Pertolongan Pertama Pada Luka tubuh

Pada saat kita terjatuh, atau terluka pasti kita ingin mengobati luka kita sendiri, namun  tidak dengan asal cara. Tentu harus seuai dengan prosedur. Sebenarnya bagaimana cara yang membalut luka yang benar itu? Apa langsung di bungkus trus diikat? nah temen-temen saya pengen kasih tau cara-caranya. Tentunya timbul pertanyaan apakah Pembalutan Luka ini penting? Ya, karena pembalutan ini berfungsi membantu mengendalikan perdarahan, mempertahankan penutup luka pada tempatnya, dan menjadi penopang bagian tubuh yang cedera.
Ada 4 (empat) jenis pembalut luka yang harus teman-teman ketahui yaitu
  • Pembalut Pita / Gulung 
  • Pembalut Segitiga / Mitela
  • Pembalut Tabung / Tubuler
  • Pembalut Penekan.
Ilustrasi Pembalutan
Untuk memasang pembalut luka, ikutilah tips berikut:
  1. Hentikan dahulu perdarahan, jika sudah berhenti barulah pasang pembalut. Pembalutan dapat langsung dilakukan jika menggunakan pembalut penekan (jenis no.4) yang sekaligus bisa menghentikan perdarahan.
  2. Usahakan dalam membalut luka korban untuk tidak terlalu kencang ataupun longgar.
  3. Rapikan ujung pembalut dan jangan sampai ujung sisanya terurai.
  4. Bila mendapati korban dengan luka yang kecil, sebaiknya daerah yang dibalut lebih lebar atau besar. Hal ini untuk menambah luasnya permukaan yang mengalami tekanan sehingga mencegah terjadinya kerusakan jaringan.
  5. Jangan sampai pembalutan ini menutupi ujung jari, bagian ini dapat menjadi petunjuk jika pembalutan terlalu kuat. Bila ujung jari pucat artinya pembalutan terlalu kuat dan harus diperbaiki.
  6. Khusus untuk luka terbuka pada alat gerak, pembalutan harus dilakukan dari distal ke proksimal arah jantung.
  7. Lakukan pembalutan dalam posisi yang diinginkan, misalnya untuk pembalutan sendi jangan berusaha menekuk sendi bila dibalut dalam keadaan lurus.
Selain tips di atas, hal yang teman harus ingat adalah pembalut luka haruslah menggunakan bahan-bahan yang bersih untuk mencegah kontaminasi luka yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada luka.
Sumber : Pertolongan Pertama

No comments:

Post a Comment

Mohon bersedia untuk memberikan komentarnya, agar blog saya yang jauh dari sempurna ini bisa lebih berguna. Yang komentar saya yakin orang-orang yang perhatian, baik hatinya pula. Terimakasih ya...