Select Language

Monday, December 19, 2011

Tips Berkendaraan Saat Hujan

Hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika Anda berkendaraan saat hujan berikut ini Tipsnya agar keselamatan tetap terjaga

Perhatikan kondisi ban
Bagian dari kendaraan yang bersentuhan langsung denga tanah adalah ban. Maka bagian ini harus selalu Anda cek agar perjalanan Anda aman dan nyaman.
Hal yang penting diperhatikan adalah kondisi teknan ban. Periksalah tekanan udara dan kedalaman alur ban, karena dengan kedalaman alur yang cukup akan menhindari mobil tergelincir (slip).

Perhatikan kecepatan
Kurangi kecepatan berkendaraan Anda hingga 20% dari kecepatan biasa Anda gunakan ketika mengemudi di waktu cuaca cerah. Kondisi jalanan di saat hujan akan lebih licin, kemungkinan terjadi slip akan lebih besar dan terbentuknya lapisan segitiga antara ban dan permukaan jalan sehingga ban melayang di atas air. Kondisi yang demikian akan membuat mobil kehilangan kemampuan mengerem yang optimal. Dan yang lebih penting jika anda ingin berhenti, hindari rem mendadak.

Perhatikan lampu
Selalu hidupkan lampu kendaraan Anda. Lampu ini tidak hanya berfungsi untuk menerangi jalan tetapi juga memberitahu pengemudi lain tentang keberadaan Anda.

Perhatikan kondisi jalan
Jika Anda menggunakan jalan yang menggenang, jangan menerobos begitu saja tanpa perhitungan. Perhatikan kendaraan yang ada di depan Anda. Jika lubang tersebut hanya memakan setengah dari tinggi ban, maka Anda aman untuk menerobosnya. Jika memang melebihi setengah ban, apalagi sampai menyentuh knalpotdan lubang pengapian, maka sebaiknya Anda mencari jalan alternative. Bila hujan baru saja turun nalanan kan lebih licin. Lumpur, minyak, cairan rem, oli, debu, solar yang ada di jalan yang tadinya kering bercampur dengan air kemudian membentuk lapisan yang sangat kici. Kondisiini berjalan setengah jam pertama, setelah itu kondisi jalan akan lebih aman. Khusus untuk Anda yang berkendaraan roda empat, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kaca. Pasrikan kondisi wiper dalam keadaan baik dan selalu sediakan air penghapus kaca. Jika wiper macet dan air penghapus kaca habis, Anda dapat menggunakan sabun colek. Oleskan sabun secara memanjang pada pinggiran kaca bagian atas. Zat kimia dalam sabun akan membuat air hujan langsung tergelincir jatuh, Anda terhindari dari kaca buram.

Jaga jarak
Salah satu hal yang terkadang kurang diperhatikan oleh para pengendara adalah untuk menjaga jarak dengan para pengendara lainya. Perlu diingat bahwa dijalanan yan gbasah dibutuhkan jarak pengereman tiga kali lebih panjang daripada di jalan yang kering, karena itu anda harus tetap menjaga jarak. Setidaknya pertahankan jarak dua kali panjang mobil di antara Anda dan mobil di depan Anda.
Jika berkendara saat hujan yang disertai petir yang menyambar-nyambar, segera matikan radio mobil. Beberapa komponen di dalam radio mobil sangat rentan terhadap gangguan petir. Selain hal-hal diatas, Anda juga perlu perhatikan untuk mengunakan alat pengaman diri seperti mantel atau jas hujan helm dan sabuk pengaman.

Selamat berkendara semoga lancer sampai tujuan.

No comments:

Post a Comment

Mohon bersedia untuk memberikan komentarnya, agar blog saya yang jauh dari sempurna ini bisa lebih berguna. Yang komentar saya yakin orang-orang yang perhatian, baik hatinya pula. Terimakasih ya...