Select Language

Saturday, December 31, 2011

Penyebab Pikun

Datangnya Pikun di Masa Tua

Tak Seorangpun ingin kedatangan penyakit pikun di masa tua. Pun demikian, agaknya sulit terelakan lagi ketika kemampuan raga satu demi satu mengalami penurunan, termasuk penurunan kemampuan berpikir. Di Jerman saja, data statistik menunjukan sekitar 70% penghuni rumah perawatan usia lanjut usia mengidap penyakit pikun.
Jika disebutkan jumlahnya secara konkrit, memang cukup mengejutkan, yakni sekitar 1,2 juta manula di Jerman menderita penyakit menurun drastisnya kemampuan berpikir.

Definisi pikun adalah terus menurunya kemampuan berpikir drastis, akibat menurunya fungsi jaringan otak. Penyebab  utamanya belum  diketahui secara pasti. Dampaknya, terutama menurunnya kinerja memori dan kemampuan memcahkan masalah sehari-hari. 

Gejala pikun biasanya meningkat sering pertambahan usia. Akan tetapi perlu diketahui, pikun bukanlah gejala normal dari proses penuaan. Di negara-negara maju, sekitar 60% dari penyebab pikun adalah penyakit Alzheimer. Hal ini karena akibat penurunan kemampuan berpikir terjadi akibat rusaknya jarungan otak.

No comments:

Post a Comment

Mohon bersedia untuk memberikan komentarnya, agar blog saya yang jauh dari sempurna ini bisa lebih berguna. Yang komentar saya yakin orang-orang yang perhatian, baik hatinya pula. Terimakasih ya...