Select Language

Tuesday, January 3, 2012

Tips Mempertahankan Hubungan Persahabatan

Sering kita bermusuhan dengan teman atau sahabat, semua itu memanglah sudah menjadi fitrah kita sebagai manusia yang tidak lepas dari salah dan khilaf. Namun semua itu ada solusinya kog agar hubungan kamu dengan teman dan sahabatmu tetap baik berikut tipsnya.
 Penuhilah Janji Kamu Kepada Teman
Memenuhi komitmen dan janji kecil sangatlah penting untuk membangun keprcayaan. Dengan begitu kamu sedang melakukan sebuah investasi kepercayaan. Teman kamu nantinya akan dengan mudah percaya kepada kamu. Omongan kamu akan didengar dan dihargai, karena kamu memilki integritas.

Lakukanlah Kebaikan-Kebaikan Kecil
Bantulah temanmu yang membuthkan bantuan kamu meskipun itu hanya kecil, misalkan meminjamkan pulpen kepadanya, mengantarkan pulang, berbagi makanan bila teman tidak membawa uang saku (di sekolah). kalau teman kamu sedang ulang tahun jangan pelit ya sekadar memberikan ucapan, lebih bagus lagi memberinya sebuah hadiah. Temanmu pasti akan senang karena diperhatikan. Jangan ditunggu samapai meninggal dunia eh baru dikasih hadiah taburan bunga hehehehe

Peliharalah Kesetiaan Kamu
Bagaima sih caranya memelihara kestiaan kamu, ya betul kamu tidak menyebarkan gosip jelek kepada orang lain perihal teman kamu. Kamu harus berusaha menutupi kekuranganya, dengan menjelek-jelekan temanmu, harga dirimu justru turun dan tentu hubunganmu dengan orang itu akan rusak. Tapi mau gimanapun menggosip memang dilarang agama betulkan??

Dengarkanlah
Kita diciptakan dengan dua telinga dan satu mulut, nah bukankan itu mengajarkan kita untuk lebih banyak mendengarkan dari pada kita berbicara. Orang lain butuh didengarkan, dengan kamu meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesah temanmu, kamu telah menciptakan hubungan persahabatan yang indah.

Katakan "Aku Menyesal!"
Dalam berhubungan tidak mungkin kita tidak melakukan salah begitupun dengan teman atau sahabatmu seperti yang saya katakan di awal tadi. Segeralah meminta maaf kepadanya jika kita secara sengaja atau tidak sengaja telah menyakiti hatinya, dan katakanlah Aku Menyesal.

SEMOGA PERSAHABATAN YANG KITA JALIN SELALU INDAH NANTINYA

"Inspirasiku ini dari buku "Catatan Harian Remaja Muslim yang diterbitkan oleh Smart Media"

2 comments:

Mohon bersedia untuk memberikan komentarnya, agar blog saya yang jauh dari sempurna ini bisa lebih berguna. Yang komentar saya yakin orang-orang yang perhatian, baik hatinya pula. Terimakasih ya...